Aplikasi Autentikasi Terbaik Untuk Amankan Akun Kamu

Aplikasi Autentifikasi – Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan besar-besaran dalam jumlah situs web yang kehilangan data pribadi penggunanya. Seiring dengan semakin canggihnya kejahatan dunia maya, perusahaan menemukan bahwa sistem keamanan lama tidak cocok dengan ancaman dan serangan modern. Terkadang kesalahan manusia sederhana yang membuat data pribadi mereka terekspos. Bukan hanya pencurian untuk kebutuhan pribadi. Organisasi perusahaan juga bisa menghadapi acaman pencurian data. Maka dari itu, kamu membutuhkan aplikasi autentikasi untuk melindungi keamanan data milikmu.

Jelas, saat ini hadir situs dan aplikasi autentikasi online yang menawarkan keamanan yang lebih ketat. Bila memungkinkan, pengguna harus membiasakan diri untuk melindungi data mereka sendiri dengan sesuatu yang lebih kuat dari sekadar kata sandi. Bagi banyak orang, tingkat keamanan ekstra itu adalah otentikasi dua faktor atau 2FA. 2FA adalah keamanan ekstra berlapis yang digunakan untuk memastikan bahwa terdapat orang yang mencoba mendapatkan akses ke akun online pemilik akun atau pihak yang mendapatkan izin untuk mengakses data.

6 Aplikasi Autentikasi Terbaik Untuk Amankan Akun Kamu

Aplikasi Autentifikator

Setelah mengetahui pentingnya untuk mengamankan akun beserta data di dalamnya. Kami akan memberikan rekomendasikan aplikasi autentikasi yang dapat kamu gunakan dengan mudah. berikut 6 rekomendasi aplikasi autentikasi:

1. Google Authenticator

Google Autentificator

Dengan Verifikasi 2 Langkah atau autentikasi dua faktor, kamu dapat menambahkan keamanan ekstra berlapis ke akun kamu untuk meminimalisir pencurian data kata sandi pada akun milikmu. Setelah menyiapkan verifikasi 2 Langkah, kamu dapat masuk ke akun dengan memasukkan kata sandi dan nomor telepon milikmu.

Adapun cara autentikasi dengan aplikasi autentikasi Google Authenticator, kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Akun Google kamu.
  2. Di panel navigasi, pilih Keamanan.
  3. Di bagian “Masuk ke Google”, pilih verifikasi 2 Langkah, lalu mulai.
  4. Ikuti langkah-langkah pada tampilan layar.
Baca Juga:  Aplikasi Download Video Instagram Terbaik Yang Bisa Kamu Coba!

Tips: Jika Kamu menggunakan akun melalui kantor, sekolah, atau grup lain, langkah-langkah ini mungkin tidak berhasil. Jika Kamu tidak dapat menyiapkan verifikasi 2 Langkah, hubungi administrator untuk mendapatkan bantuan.

2. Microsoft Authenticator

Microsoft Autentificator

Dengan aplikasi gratis ini, kamu dapat masuk ke akun Microsoft pribadi atau kantor/sekolah kamu tanpa menggunakan kata sandi. Kamu juga akan menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau PIN untuk keamanan. selain itu Ada hal yang menjadi alasan kamu untuk menggunakan aplikasi autentikasi Microsoft Authenticator. Aplikasi autentikasi Microsoft Authenticator adalah cara yang aman dan nyaman untuk membuktikan siapa kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi autentikasi sebagai cara untuk masuk jika kamu melupakan kata sandi. Selain itu, akunmu dapat terlindungi dan dapat terpulihkan secara kredensial dengan akun milikmu yang lainnya. Tak hanya digunakan untuk kamu pengguna akun Microsoft, pengguna non-Microsoft juga dapat menggunakan aplikasi autentikasi ini.

Cara untuk menggunakan aplikasi autentikasi, kamu bisa menyimaknya pada langkah-langkah di bawah ini:

  1. Unduh & instal aplikasi autentikasi Microsoft Authenticator ke perangkat seluler kamu.
  2. Masuk ke dasbor keamanan akun kamu.
  3. Pilih tambahkan cara baru untuk masuk atau verifikasi dan pilih gunakan aplikasi autentikasi.
  4. Jika Kamu sudah menginstal aplikasi autentikasi, pilih berikutnya untuk menampilkan kode QR yang muncul di layar.
  5. Di aplikasi autentikator, pilih [tiga titik] lalu + tambahkan akun.
  6. Pilih jenis akun dan pilih Pindai kode QR.
  7. Pindai kode yang ditampilkan di layar pada langkah 4.
  8. Pilih selesai pada PC untuk menyelesaikan pengaturan.

Aplikasi autentikasi Microsoft Authenticator mencadangkan kredensial akun milikmu dan pengaturan aplikasi terkait, seperti urutan akun kamu, ke penyimpanan cloud. Untuk melakukan BackUp data pada penyimpanan cloud, kamu bisa mencadangkan kredensial akun milikmu dan pengaturan aplikasi terkait, seperti urutan akun Kamu, ke cloud.

Sedangkan untuk memulihkan informasi akun milik kamu, kamu bisa mengikuti langkah-langka di bawah ini:

  1. Buka aplikasi autentikasi Microsoft Authenticator di perangkat seluler milik kamu dan pilih mulai pemulihan.
  2. Masuk ke akun pemulihan kamu menggunakan akun Microsoft pribadi yang kamu gunakan selama proses pencadangan. Kredensial akun kamu akan dipulihkan ke perangkat baru.
Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Jadi Video yang Populer, Praktis di Android dan PC

3. Authy

Authy

Otentikasi dua faktor (2FA) adalah cara terbaik untuk melindungi akun milikmu saat online. Kalahkan penjahat cyber & hindari pengambilalihan akun dengan keamanan yang lebih kuat, gratis. Mengamankan hanya nama pengguna dan kata sandi untuk mengamankan akun online kamu tidak lagi aman. Pelanggaran data terjadi setiap hari dan peretas selalu menemukan cara baru untuk mengambil alih akun milik kamu. Lindungi diri kamu dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA).

Aplikasi autentikasi ini memblokir siapa pun yang menggunakan data milik kamu yang tercuri dengan memverifikasi identitas kamu melalui perangkat kamu. Aktifkan 2FA sekarang untuk melindungi akun milikmu secara online. Dengan satu aplikasi autentikasi Authy, kamu bisa mengamankan semua akun yang kamu miliki

4. Duo Mobile

DUO Mobile

Otentikasi multi-faktor (MFA) adalah tindakan keamanan yang melampaui kata sandi untuk memverifikasi identitas pengguna dua kali dan tiga kali lipat sebelum mereka dapat mengakses data. Adapun jenis-jenis Keamanan Otentikasi Multi-Faktor pada aplikasi autentikasi Duo Mobile, sebagai berikut:

  1. Keamanan Identitas – Kontrol keamanan penting di dunia digital saat ini, produk keamanan identitas bertujuan untuk memverifikasi identitas pengguna dan mencegah penggunaan kata sandi yang dicuri / kredensial yang disusupi.
  2. Akses Aman – Gagasan bahwa siapa pun yang mengakses data verifikasi dengan benar untuk memastikan semua login baik dan aman
  3. Zero Trust – Kerangka kerja strategi keamanan siber yang mendorong pengguna dan organisasi untuk mengambil langkah-langkah keamanan tambahan, dengan asumsi bahwa tidak ada yang dapat dipercaya tanpa verifikasi yang tepat. Kepercayaan nol sering terjadi dengan mantra “jangan pernah percaya, selalu verifikasi”

5. 2FA Authenticator

 2FA Autentificator

2FAS adalah aplikasi autentikasi terbuat dengan baik dan nyaman yang melindungi akses ke layanan dan akun online kamu. Seringkali satu kata sandi untuk akun Facebook atau Instagram kamu tidak cukup untuk melindungi informasi sensitif kamu. Aplikasi Autentikasi 2FAS menghasilkan kode satu kali tambahan berupa Time-based One-time Passwords (TOTP) untuk akun milik kamu. Dengan membuat kode-kode ini secara offline dan mengubahnya setiap 30 detik, 2FAS secara dramatis meningkatkan keamanan informasi kamu.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Aesthetic dan Kekinian Tahun 2022

Hanya dengan satu aplikasi autentikasi, kamu dapat mengamankan akun Facebook, Gmail, Integrem, Twitter, DropBox, dan Amazon. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk memulai menggunakan aplikasi autentikasi ini dengan melihat video tutorial pada laman website 2FA Authenticator.

6. LastPass Authenticator

Aplikasi Autentifikasi LastPass

SecureAuth Mobile Authenticator adalah aplikasi autentikator iOS/Android yang menghasilkan kode sandi satu kali untuk aplikasi dan akun online kamu yang dilindungi oleh MFA. Aplikasi autentikasi SecureAuth Mobile Authenticate membantu kamu melindungi diri dari peretas dan pengambilalihan akun dengan menambahkan lapisan keamanan tambahan, menggunakan verifikasi 2 faktor dan biometrik perangkat.

SecureAuth Authenticate adalah aplikasi autentikator seluler modern gratis yang melindungi aplikasi pribadi dan akun online milik kamu dengan kata sandi satu kali kemudian aplikasi autentkasi SecureAuth Authenticate menampilkan pemberitahuan push di ponsel pengguna saat faktor kedua kamu perlukan. Pengguna dapat memilih untuk menerima atau menolak permintaan daripada mengetik ulang kode sandi secara manual. Fungsionalitas ini adalah Push-to-Accept dan populer di kalangan profesional yang sibuk saat bepergian.

Alih-alih opsi Terima/Tolak sederhana, aplikasi autentikasi SecureAuth Authenticate dapat menampilkan serangkaian simbol dan pengguna harus mengetuk ikon yang cocok dengan simbol di layar login. Fitur ini mencegah pengguna menerima permintaan MFA secara membabi buta jika mereka terlalu sering.
Itu tadi rekomendasi aplikasi autentikasi terbaik yang dapat kamu gunakan secara mudah. Jangan lupa untuk senantiasa melindungi data pribadi anda.