Aplikasi Cek Pajak Motor Online Terbaik 2022

Aplikasi Cek Pajak Motor – Pajak adalah kewajiban yang sifatnya wajib dan memaksa untuk semua masyarakat di Indonesia. Membayar pajak dengan tepat waktu merupakan hal yang harus anda lakukan agar tidak membayar denda dan membuat pajak anda menjadi lebih besar saat anda ingin membayarkan pajak, anda juga harus mencari tahu jenis pajak apa yang ingin anda bayarkan terlebih dahulu. Karena pajak mempunyai beberapa jenis serta cara penarikannya yang berbeda satu sama lain. Salah satu jenis pajak yang seirng untuk kita bayarkan yakni pajak PPN.

Pajak PPN adalah aplikasi yang biasanya termasuk pada biaya  membeli makanan atau minuman yang ada di toko. Terdapat pajak lainnya, yakni pajak bumi dan bangunan bagi orang-orang yang mempunyai rumah pribadi. Karena sebagian besar masyarakat di Indonesia pasti mempunyai kendaraan dan kendaraan ini memiliki pajak tersendiri yang wajib anda bayarkan, termasuk pada pajak motor anda. Tetapi saat ini membayar pajak untuk kendaraan terutama untuk motor tidak lagi kesulitan karena sudah terdapat aplikasi-apliaksi yang dapat mempermudah kegiatan membayar pajak.

3 Rekomendasi Aplikasi Cek Pajak Motor

Aplikasi Cek Pajak Motor

Berikut dapat kami rekomendasikan aplikasi-aplikasi yang dapat anda gunakan dengan mudah dan gratis untuk membayarnya yakni sebagai berikut :

1. Aplikasi SAMBARA

Aplikasi Cek Pajak Motor

Merupakan aplikasi cek pajak motor yang digunakan oleh masyarakat wilayah Jawa Barat. Dapat diunduh dengan gratis dan mudah dengan melalui Play Store dan App Store di ponsel pintar anda. Memiliki fungsi untuk mengetahui dan mengecek beesaran nominal pajak yang berlaku, baik pajak untuk mobil maupun pajak motor.

Baca Juga:  Aplikasi Autentikasi Terbaik Untuk Amankan Akun Kamu

Untuk dapat mengecek status pajak yang ingin anda bayarkan, aplikasi cek pajak motor ini memudahkan anda untuk cukup memasukkan nomor polisi (nopol) yang  terdiri atas dua bagian, yakni 4 digit nomor kendaraan dan huruf kendaraan yang pada plat nomor anda. Pada prosedurnya sendiri, aplikasi ini mengharuskan untuk menginput beberapa data kendaraan anda, yakni nomor NIK, nomor rangka, jenis pelat serta kode captcha.

Berdasarkan situs resmi dari Bapenda Jawa Barat terdapat beberapa layanan yang dapat anda gunakan. Bagi anda masyarakat Jawa Barat, anda juga dapat melakukan pengecekan pajak motor dengan online pada aplikasi ini dengan beberapa cara yakni sebagai berikut :

1. Unduh Aplikasi

Aplikasi cek pajak motor ini dapat anda unduh dan pasang di ponsel pintar anda.

2. Pilih menu indo “PKB”

Setelah melakukan pengunduhan dan pemasangan aplikasi cek pajak motor ini, bukalah aplikasi ini dan pilih mene info PKB. Kemudian masukkan pelat nomor kendaraan anda, klik cari dan akan muncul secara otomatis nominal pajak yang harus anda bayarkan.

3. Klik “Lanjut Daftar Online”

Anda perlu untuk mengisi nomor KTP anda dengan 5 digit terakhir Nomor Rangka Kendaraaan yang dapat anda lihat di STNK. Kemudian klik “Proses”.

4. Data kendaraan yang muncul

Setelah itu, terdapat informasi tentang merk, model, tahun, warna, nomor rangka dan nomor mesin. Informasi pajak kendaraan pada aplikasi cek pajak motor ini yang mencakup PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB  serta total yang harus anda bayarkan lengkap dengan tanggal pajak serta tanggal STNK anda.

2. SIGNAL – Samsat Digital Nasional

Aplikasi Cek Pajak Motor

Aplikasi cek pajak motor selanjutnya adalah sebuah pengembangan lanjutan dari aplikasi dengan pelayanan yang sama bernama SAMOLNAS (Samsat Online Nasional) yang pernah diluncurkan pada tahun 2019. Layanan dari signal ini dapat memanfaatkan beberapa pusat data yang saling berhubungan dan terintegrasi. Pada aplikasi cek pajak motor ini terdapat beberapa pusat data kendaraan bermotor milik Polri, bpusat data induk kependudukan milik Dirjen Dukcapil Kemendagri serta pusat data pajak kendaraan bermotor milik tiap Bapenda Provinsi.

Baca Juga:  Aplikasi Catat Meter Terpusat dan Akurat 2022

Berdasarkan pernyataan dari situs web Signal, data ini lewat sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat terhubung sama lain. Hal ini dapat memudahkan proses dari pembayaran pajak yang anda lakukan secara online. Aplikasi cek pajak motor ini mempunyai berbagai maca layanan yang dapat memudahkan anda untuk mengurus pajak kendaraan anda. Layanan yang disediakan oleh aplikasi ini yakni pembayaran pajak motor tahunan serta pengesahan STNK yang sifatnya juga tahunan. Berikut beberapa cara untuk anda dapat mendaftar akun Signal yakni sebagai berikut :

  1. Unduh aplikasinya di App Store atau Play Store pada smartphone anda
  2. Buka aplikasi Signal
  3. Klik ikon foto profil untuk dapat memulai pendaftaran pada akun Signal
  4. Ketik opsi “Daftar di sini”
  5. Masukkan beberapa data tentang identitas diri anda, seperti halnya NIK KTP, nama lengkap sesuai dengan KTP, alamat e-mail aktif serta nomor ponsel yang aktif
  6. Buatlah kata sanda pada akun signal anda dan masukkan lagi kata sandi tersebut untuk dapat mengonfirmasinya.
  7. Klik opsi “lanjut” dan lakukan verifikasi KTP serta wajah anda
  8. Masukkan foto KTP
  9. Ambil foto selfie untuk verifikasi wajah biometric dan klik opsi “lanjutkan”
  10. Aplikasi akan mengirim pesan yang berisi kode OTP pada nomor ponsel anda
  11. Masukkan kode OTP pada aplikasi cek pajak motor ini dan registrasi pun telah berhasil
  12. Perlu verifikasi ulang akun dengan klik tautan pada email anda

3. Cara Cek Pajak Motor Tanpa Aplikasi

Aplikasi Cek Pajak Motor

Jika anda tidak berkenan untuk melakukan cek pajak motor dengan aplikasi, maka terdapat 2 cara yang dapat anda gunakan. Adapun cara-cara tersebut yakni sebagai berikut :

1. Melalui SMS

Anda dapat melakuan pengecekan pajak motor anda tanpa aplikasi cek pajak motor yang telah disebutkan di atas dengan SMS. Dengan cara mengetik INFO (spasi) PAJAK (spasi) nomor plat kendaraan. Contohnya : INFO PAJAK B 1234 ABC. Kemudian pesan ini dapat anda kirimkan ke nomor 8893. Setelah itu anda akan mendapatkan informasi untuk data pajak motor anda lewat balasan SMS tersebut. Adapun di dalam SMS tersebut muncul beberapa informasi. Antara lan merek kendaraan, tipe, warna, masa berlaku STNK motor, tahun pembuatan serta informasi jenis kendaraan anda.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Pengantin Terbaik yang Viral Tahun 2022

2. Website

Selain tanpa aplikasi cek pajak motor, tersedia layanan untuk anda dapat mengeceknya di website. Untuk versi website, anda akan menghemat banyak waktu karena anda tidak perlu mendownload aplikasi cek pajak motor terlebih dahulu. Selain itu anda juga dapat menghemat kapasitas penyimpanan pada ponsel anda. Website ini biasanya telah dibuat oleh setiap provinsi di Indonesia, jadi dari setiap provinsi ini mempunyai alamat website yang berbeda juga.

Anda dapat mengakses situs yang mana motor anda telah terdaftar dan informasi yang berkaitan akan muncul otomatis. Karena informasi tersebut tidak akan muncul jika anda mengakses situs kendaraan anda yang tidak terdaftar. Dengan menggunakan website dan tidak menggunakan aplikasi cek pajak motor maka anda secara tidak langsung dapat sebagai orang yang terhitung dalam pengunjungan website tersebut.