Google Maps dan Waze Terima Update Termasuk Pelaporan Insiden Lebih Baik

Jakarta: Google merilis update layanan Maps dan Waze dengan elemen antarmuka pengguna (UI) lebih baik untuk membantu pengguna menemukan destinasi dengan lebih mudah dan lebih waspada terkait lalu lintas dan bahaya lain di jalan.
 
Mengutip GSM Arena, Google Maps hadir dengan ikon pelaporan berukuran besar sehingga memudahkan untuk diketuk. Pengguna hanya perlu mengetuk ikon tersebut dan memilih laporan relevan dengan insiden yang dialami.
 
Pengemudi lain yang melalui jalur yang sama dapat mengonfirmasi bahaya tersebut belum terselesaikan dengan tap tunggal. Laporan ini berasal dari Google Maps dan pengguna Waze, dan pengemudi juga bisa melihat aplikasi yang digunakan untuk mengunggah laporan tersebut.
UI laporan insiden lebih baik telah mulai digulirkan secara global, dan tersedia di Google Maps versi Android dan iOS, mobil dengan Google terintegrasi serta Android Auto dan Apple CarPlay. Google Maps juga segera menghadirkan kemudahan bagi pengguna saat membaca panduan destinasi.
 
Kemampuan tersebut akan menonjolkan bangunan lokasi destinasi di peta, termasuk menandai pintu masuk dan menampilkan lokasi parkir terdekat, sehingga pengguna dapat segera mengetahuinya dengan mudah.
 
Pengguliran fitur ini akan dilakukan dalam beberapa pekan mendatang, dan tersedia di Google Maps versi Android dan iOS, mobil dengan Google terintegrasi serta Android Auto dan Apple CarPlay. Sementara itu, Waze akan menampilkan tipe kamera baru, untuk memberikan pengguna peringatan.
 
Pengguna akan diperingatkan terkait kamera pendeteksi kecepatan, menerobos lampu merah, berada di jalur yang salah seperti jalur khusus bus, serta kamera berkemampuan mendeteksi penggunaan sabuk pengaman di mobil atau menggunakan ponsel saat mengemudi.
 
Kemampuan Waze ini kini telah digulirkan secara global ke aplikasi Waze versi Android dan iOS. Waze memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi lalu lintas langsung dengan teman. Waze juga akan memberitahukan pengguna saat terdapat kondisi yang mempengaruhi lalu lintas seperti penutupan jalan akibat acara olahraga, parade dan lainnya.
 
Bersamaan dengan notifikasi itu, pengguna juga akan mendapatkan informasi detail terkait acara dan situasi jalan. Pengguna kemudian dapat membagikan informasi detail ini dengan teman dan keluarga untuk memperingatkan mereka, jika melalui jalur dan area yang sama.
 
Fitur baru ini juga telah digulirkan secara global untuk Waze versi Android dan iOS. Waze juga akan mendapatkan kemampuan untuk menyediakan instruksi navigasi bahkan saat ponsel dalam keadaan terkunci.
 
Instruksi tersebut termasuk arahan untuk berbelok, update kondisi lalu lintas, dan peringatan bahaya. Navigasi di lockscreen akan tersedia secara global di aplikasi versi Android pada bulan Agustus ini dan akan tersedia di aplikasi versi iOS pada musim gugur mendatang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(MMI)

Cung Media

Cung Media adalah portal situs berita dan media online yang menyajikan beragam informasi menarik baik itu lokal, nasional, dan juga internasional.
Back to top button