Samsung Galaxy M15 5G: Terjangkau, Andal untuk Gaming

Jakarta: Samsung Galaxy M15 5G telah tersedia di pasar Indonesia, sebagai penerus Galaxy M14 5G yang diluncurkan pada bulan Maret 2023 lalu. Di ponsel ini, Samsung mengunggulkan peningkatan pada sektor layar dan konfigurasi lebih lengkap.
 
Smartphone ini masih mengunggulkan kapasitas baterai besar dan penawaran harga terjangkau khas ponsel cerdas seri M karya Samsung ini. Samsung membekali Galaxy M15 5G ini dengan baterai baterai berkapasitas 6.000mAh.
 
Lantas bagaimana dengan pengalaman penggunaan yang ditawarkan smartphone ini berkat dukungan spesifikasi dan software lainnya? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Galaxy M15 5G hadir dengan desain khas Samsung, mengusung tiga kamera di bagian belakang yang tersemat secara vertikal di sebelah kiri bodi ponsel. Berbeda dengan Galaxy A Series berdesain datar, Galaxy M15 5G mengusung bodi belakang berlekuk.
Lekukan pada tepi bodi Galaxy M15 5G ini menghadirkan kenyamanan saat digenggam. Kenyamanan yang dihadirkan karena kesan lebih kokoh pada smartphone berbalut bahan polikarbonat pada bagian depan dan bingkai bodi perangkat ini juga berkat dukungan ketebalan bodi setebal 9,3mm.
 

 
Kendati lebih tebal jika dibandingkan beberapa model lain di seri yang sama atau di seri A, bobot Galaxy M15 5G tergolong ringan, sebab ponsel cerdas ini hadir dengan bobot seberat 217 gram. Bobot ini mendukung kenyamanan saat harus menggenggam dan menggunakan ponsel dalam jangka lama, termasuk jika harus menggunakan satu tangan.
 

 
Sedangkan ketebalan usungan Galaxy M15 5G ini masuk akal mengingat ponsel dibekali baterai berkapasitas besar. Pada sisi kanan bodi ponsel, kamu akan menemukan tombol daya serta tombol volume up dan volume down.
 

 
Sementara itu, di sisi kiri bodi ponsel tersemat slot kartu SIM hibrida, terdiri dari dua slot nano SIM atau satu sim dan satu microSD. Sedangkan di sisi bawah Galaxy M15 5G, terdapat jack audio 3,5mm untuk kamu yang lebih memilih menggunakan headphone kabel, didampingi oleh port USB-C dan lubang speaker.
 

 
Lubang mikrofon juga tersemat di sisi atas dan sisi bawah ponsel cerdas tersebut. Di bagian depan, layar ponsel ini hadir dengan bezel simetris di sisi kanan, kiri, dan atas, namun dengan sisi bawah sedikit lebih tebal. Di bezel atas juga tersemat earpiece, meski tidak mencakup speaker.
 

 
Bagian depan ponsel ini juga hadir dengan desain bertajuk Infinity-U, yang menyematkan kamera depan pada desain poni tetes air.

Fitur dan Antarmuka

Menggunakan sistem operasi (OS) Android 14, yang dilapisi antarmuka pengguna karya Samsung, One UI 6.1, tampilan antarmuka Galaxy M15 mungkin tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan smartphone Samsung lain, terutama pengguna One UI yang sama.
 
Hal ini menyuguhkan kemudahan bagi pengguna setia smartphone Samsung saat menavigasikan ponsel ini. Kendati demikian, antarmuka pengguna ini juga tergolong mudah dinavigasikan oleh pengguna yang baru beralih ke perangkat Samsung.
 
Antarmuka ini menyuguhkan fitur tergolong lengkap seperti Edge Panel, Separate App Sound, Adapt Sound, Modes and Routines, serta Pause USB Power Delivery. Soal software, Samsung juga menjanjikan update OS hingga empat kali, dan Security Update selama lima tahun. 
 

 
Masuk ke dalam kategori smartphone berharga terjangkau, Samsung tidak luput dalam menghadirkan sejumlah fitur keamanan di Galaxy M15 5G ini, termasuk sensor pemindai sidik jari, fitur buka kunci dengan pengenalan wajah atau Face Unlock, dan Secure Folder.
 
Samsung juga menghadirkan fitur keamanan unggulannya, Samsung Knox serta Knox Vault. Sebagai informasi, fitur Knox Vault berfungsi untuk melindungi data sensitif seperti pin, password, atau pola kunci di smartphone.
 
Sementara itu meski hanya menawarkan satu speaker, namun kualitas suara tergolong baik dan dengan volume yang cukup mampu memanjakan telinga, baik saat menikmati konten video maupun saat memainkan game di ponsel ini.
 
Sedangkan soal konektivitas, smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G, melengkapi dukungan untuk jaringan lain termasuk 4G, juga berbekal Wi-Fi 5, Bluetooth 5.3, NFC, FM Radio, USB OTG, namun belum mendukung fitur Display Out.

Kamera

Di bagian belakang, terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50MP dengan dukungan autofokus, kamera ultrawide 5MP, dan kamera makro 2MP. Untuk selfie, terdapat kamera depan 13MP.
 
Kamera belakang juga mendukung perekaman video hingga 1080p pada 30fps dengan stabilisasi gyro-EIS, namun tidak tersedia di kamera depan. Kendati belum mendukung perekaman video 4K, kamera di Galaxy M15 5G ini mampu menghadirkan video dengan kualitas gambar dan video memadai untuk kelas harganya.
 

 
Pada foto yang dipotret dalam pencahayaan cukup, Samsung Galaxy M15 5G masih mampu menyuguhkan hasil memuaskan, meski memang tidak sebanding dengan hasil kamera perangkat di kelas lebih tinggi.
 
Kamera tetap mampu menyuguhkan hasil foto dengan fokus dan warna yang baik, meski performanya tidak terlalu memuaskan pada foto hasil zoom. Hasil serupa juga kami dapati pada hasil kamera depan.
 

 
Secara default, kamera depan telah didukung fitur penghalus tekstur kulit di wajah, sehingga mampu menghasilkan foto wajah dengan tampilan lebih mulus namun tetap terlihat alami. Sementara itu, hasil foto pada kondisi pencahayaan redup juga cukup memuaskan.
 
Foto hadir dengan tampilan lebih terang, salah satunya secara lebih jelas memperlihat awan di langit malam. Selain lebih terang, foto di malam hari dari kamera Galaxy M15 5G ini juga masih mampu menyuguhkan warna dengan baik.
 

 
Kemampuan menampilkan tekstur kulit wajah lebih mulus juga kami dapati pada hasil foto kamera depan di kondisi pencahayaan redup. Seperti pada kamera ponsel lain, kamu harus sedikit lebih menjaga stabilitas perangkat saat memotret untuk dapat menghasilkan foto dengan fokus baik di kondisi pencahayaan redup.
 
Sehingga tidak disarankan untuk memotret obyek dalam pencahayaan redup secara terburu-buru untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Performa

Soal spesifikasi, Galaxy M15 5G didukung chipset MediaTek Dimensity 6100+ dengan CPU Octa Core berkonfigurasi 2x Cortex-A76 hingga 2.2GHz dan 6x Cortex-A55 hingga 2.0GHz. Sedangkan untuk GPU, ponsel ini didukung Mali-G57 MC2.
 
Chipset dan GPU pada ponsel berwarna abu-abu ini didampingi oleh RAM LPDDR4X berkapasitas 6GB dan ruang penyimpanan internal UFS berkapasitas 128GB. Berkat ketersediaan slot microSD, kamu juga bisa menambahkan ruang penyimpanan tambahan hingga 1TB.
 

 
Samsung menghadirkan Galaxy M15 5G dengan layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci, beresolusi 2340 x 1080 piksel, refresh rate 90Hz, dan kecerahan diklaim hingga 800 nits. Layar ini mampu menyuguhkan pengalaman menikmati konten dengan tampilan tajam dan kecerahan memadai meski berada di bawah paparan sinar matahari.
 
Refresh rate 90Hz pada layar perangkat ini juga mampu menyuguhkan tampilan dengan pergerakan animasi dan aktivitas bergulir lebih mulus, menjadikan pengalaman menonton video dan bermain game lebih menyenangkan.
 
Menjadi bagian dari seri yang mengunggulkan kapasitas baterai besar, Galaxy M15 5G ini hadir dengan kapasitas baterai 6.000mAh, dan didukung teknologi pengisian daya 25W. Dukungan baterai berkapasitas besar ini membantu menjaga ponsel menyala dalam jangka waktu lama.
 
Pada pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark Work 3.0, Samsung Galaxy M15 5G mampu bertahan selama 22 jam 21 menit. Durasi lebih lama kami dapati saat menggunakan perangkat ini dalam mendukung aktivitas sehari-hari, mencapai sekitar satu hari.
 
Kesimpulan
Samsung Galaxy M15 5G menawarkan berbagai peningkatan menarik di segmen menengah, terutama dalam hal layar dan kamera. Kendati masih belum memuaskan salah satunya soal kamera, namun dengan dukungan baterai berkapasitas besar dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama cukup menarik untuk kamu dengan banyak kegiatan dan kerap berada jauh dari soket listrik.
 
Penawaran harga Rp2,7 juta untuk perangkat ini juga tergolong terjangkau, termasuk untuk kamu yang memiliki anggaran terbatas, sehingga perangkat ini patut kamu pertimbangkan.
 













SpesifikasiSamsung Galaxy M15 5G 
ProsesorMediaTek Dimensity 6100+
GPUMali-G57 MC2
OSAndroid 14, OneUI 6
RAM 6GB
Memori Internal 128GB
Kamera Belakang 50MP + ultrawide 5MP + makro 2MP

Depan 13MP
Baterai 6.000mAh
Layar 6,5 inci 2340 x 1080 piksel, refresh rate 90Hz
Harga Rp2.700.000

 

Plus

  • Layar luas
  • Kapasitas baterai besar dan tahan lama
  • Pengalaman gaming tergolong menyenangkan

Minus

  • Performa kamera belum memuaskan
  • Desain layar model lama

 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(MMI)

Cung Media

Cung Media adalah portal situs berita dan media online yang menyajikan beragam informasi menarik baik itu lokal, nasional, dan juga internasional.
Back to top button