Vivo X100 Pro, Salah Satu Smartphone Terbaik 2024

Jakarta: Smartphone Vivo memang menjadi salah satu smartphone yang cukup digemari oleh sebagian besar warga Indonesia. Banyak tipe Vivo yang disediakan mampu memberikan kemudahan dan menjawab kebutuhan para penggunanya, salah satu yang ditonjolkan adalah dari sisi kameranya.
 
Tidak sedikit pengguna Vivo yang memanfaatkan kamera untuk menciptakan konten atau mengabadikan momen tertentu. Salah satuny datang dari varian Flagship mereka, Vivo X100 Pro. Tipe HP tersebut memang memiliki Key Selling Point dari sisi kamernya, karena Vivo mengklaim bahwa HP ini mampu menghasilkan jepretan yang maksimal.
 
Saya mendapatkan kesempatan untuk mengulas lebih jauh varian Vivo X100 Pro yang satu ini. Saya pribadi menggunakan HP ini untuk mengulas juga cukup lama, sehingga terdapat beberapa hal yang bisa saya highlight, dan berikut adalah review yang saya lakukan terhadap Vivo X100 Pro.
 

Desain

Sebelum masuk ke kamera, mari kita lihat dengan seksama segi desain yang ditampilkan dari HP yang menurut saya cukup elegan ini. Dari layar, HP ini memiliki layar yang cukup besar, yakni 6.78” LTPO AMOLED dengan kecepatan 120Hz. Kemudian, resolusi dari layar ini 1260×2800 dengan 90.2% screen-to-body yang berhasil memperlihatkan kesan yang elegan dari HP yang satu ini.

 

 
Masuk pada bagian belakang, HP yang satu ini didominasi dengan bentuk kamera yang bulat dan dinamai sebagai Sun Halo. Kemudian, kamu juga bisa melihat adanya tulisan Zeiss, karena kamera dari Vivo X100 Pro sudah terintegrasi dengan teknologi Zeiss.
 
Material yang digunakan juga mendukung kesan elegan. Mengingat, sudah banyak brand yang menggunakan bodi bermaterial kaca, tetapi Vivo tidak menerapkan hal tersebut, yakni HP ini menggunakan Alumunium dengan gradasi gliter.
 

 

 

 
Pada bagian kanan dari HP ini kamu bisa melihat adanya dua tombol yang berfungsi untuk volume media dan juga power button. Keduanya berfungsi untuk memudahkan pengguna mengoperasikan volume dan mengunci HP. Berbicara tentang ketebalan, HP ini memiliki ketebalan 8.9mm yang tergolong cukup tipis dengan bobot 221gr. Ya, cukup ringan untuk ukuran HP dengan dominasi kamera.
 
Pada bagian bawah sendiri, HP ini memiliki Charging port dan memungkinkan earphone dengan konektor Type-C. Kemudian, pada bagian bawah kamu juga melihat adanya microphone dan Slot untuk SIM Card. Antarmuka fisik memang menerapkan apa yang diterapkan dengan HP pada umumnya, sehingga tidak ada hal yang mencuri perhatian saya.
 

Antarmuka/Fitur

Membahas tentang antarmuka, HP ini menggunakan Funtouch OS atau Android 14, sehingga menampilkan antarmuka yang pastinya familiar dengan HP era sekarang. Pada bagian Home Menu juga memiliki kemiripan dengan beberapa HP Android pada umumnya, sehingga menurut saya cukup mudah untuk memahami user interface yang diterapkan.
 
Vivo X100 Pro ini memiliki fitur face recognition, fingerprint, PIN, dan juga Pattern. Maka dari itu, untuk kebutuhan privasi HP ini memiliki banyak pilihan untuk mengamankan privasi yang tersimpan dalam HP. Kamu tidak perlu khawatir dan bisa memilih metode yang ingin kamu gunakan selama menggunakan Vivo X100 Pro yang satu ini.
 
Tidak lupa juga, HP ini sudah memiliki NFC, sehingga para konsumen bisa dengan mudah melakukan berbagai kegitaan yang mengharuskan menggunakan NFC. Bisa dikatakan, sudah seharusnya HP pada era sekarang, terkhusus HP yang tergolong flagship sudah menyematkan teknologi NFC.
 

Kamera

Kini, kita akan masuk ke bagian yang sangat ditonjolkan oleh Vivo saat merilis HP ini, yakni segi kamera. Vivo X100 Pro memiliki Triple Camera dengan kemampuan 50MP (Wide), 50MP (Periscope Telephoto), 50MP (Ultrawide). Semua itu bisa kamu manfaatkan dengan mudah, dan mampu membantu kamu dalam menghasilkan foto yang maksimal. Untuk Selfie Camera sendiri memiliki 32MP dengan fitur HDR, serta mampu menghasilkan video berkualitas 4K@30/60fps atau 1080p@30/60fps.
 
Fitur kamera yang dimiliki oleh HP ini adalah Zeiss Optics, Zeiss T*Lens Coating, LED Flash, HDR, 3D LUT Import 8K@30fps, 4K@30/60fps, 1080p, Gyro-EIS, Cinematic Mode. Semua fitur tersebut disediakan karena Vivo melihat keinginan pengguna yang ingin memiliki HP dengan fitur kamera yang banyak dan bervariatif. Hal ini menjadi salah satu komitmen Vivo dalam menghadirkan HP yang satu ini.
 

 

 

 

 
Bisa terlihat dari semua foto yang dihasilkan menggunakan Vivo X100 Pro ini, cukup membuat saya pribadi kagum. Lensa yang terintegrasi beberapa teknologi dari Zeiss ini mampu menghasilkan warna yang sesuai, dan juga mampu membuat para orang awam menjadi seorang fotografer. Untuk foto di malam hari, HP ini mampu menyesuaikan warna dan pecahayaan dengan tepat, sehingga kamu tidak peru khawatir jika mengharuskan mengambil gambar pada malam hari.
 
Untuk selfie camera yang dihadirkan juga cukup maksimal. Kamu juga disuguhi dengan fitur beauty atau natural yang memungkinkan kamu untuk memuluskan wajah dengan terlihat natural. Itu menjadi salah satu keinginan dari para konsumen. Hadirnya kemampuan ini membuat pengguna bisa lebih percaya diri melakukan foto selfie.
 

Perofrma

Membahas tentang performa, HP ini menggunakan chipset dari MediaTek Dimensity 9300. Hal inilah yang membuat Vivo X100 Pro memiliki daya tahan baterai yang awet, walau dibantu dengan kapasitas baterai sebesar 5400mAh. Selain itu, saya juga melakukan beberapa benchmark menggunakan PCMark dan juga 3DMark. Pengujian tersebut lebih kepada performa, daya tahan baterai, dan tingkat grafis yang dihadilkan dari HP ini, mengingat bahwa HP ini menggunakan GPU dari Immortalis-G720 MC12.
 

 
Berdasarkan hasil pengujian yang saya lakukan menggunakan PCMark, terkhusus pada daya tahan baterai, HP ini memiliki daya tahan mencapai 20 jam 17 menit. Maka dari itu, HP ini memang tergolong sebagai HP yang awet dari segi daya tahan baterai. Kamu sebagai pengguna tidak perlu mengkhawatirkan untuk mencari soket listrik, terlebih lagi ketika kamu hanya menggunakan HP ini untuk keperluan mendasar.
 
Kemudian, untuk performanya sendiri HP ini mampu memberikan skor mencapai 13216, dan tergolong cukup tinggi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa HP ini memang cukup beperforma, terkhusus ketika kamu hanya menggunakan HP ini untuk keperluan mendasar seperti browsing, mengedit foto dan video yang ringan, atau menulis.
 
Saya juga menguji kualitas grafis menggunakan Wild Life dan Wild Life Extreme, sehingga kami mendapatkan jawaban apakah HP ini mampu untuk kebutuhan gaming atau tidak. Namun, jawabannya adalah HP ini akan sangat aman ketika kamu gunakan untuk bermain game, karena pada pengujian Wild Life hasilnya adalah Maxed Out, sedangkan Wild Life Extreme menghasilkan skor 4402.
 

Kesimpulan

Jika kamu memang mencari HP Flagship dengan kualitas kamera dan performa yang memukau dan mumpuni setiap kebutuhan, maka Vivo X100 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa memanfaatkan HP ini sebagai Camera Phone, sehingga kamu bisa mengabadikan foto dengan nyaman dan menghasilkan foto yang maksimal.
 
Saya bisa mengatakan bahwa HP memang layak menjadi salah satu smartphone terbaik 2024, dengan performa dan kualitas kamera yang memang sejalan dengan semua klaim dari Vivo. Bahkan, saya masih sulit mencari kekurangan dari HP ini, berarti HP ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk kamu yang mencari HP Flagship. (Christopher Louis)
 













Spesifikasi Vivo X100 Pro
ProsesorMediaTek Dimensity 9300
GPUImmortalis-G720 MC12
OSFuntouch 14 / Android 14
RAM 16GB
Memori Internal 512GB
KameraBelakang: 50MP (Wide), 50MP (Periscope Telephoto), 50MP (Ultrawide)

Selfie: 32MP
Baterai5400mAh
LayarLTPO AMOLED 6.78″ 120Hz 1260×2800
HargaRp16.999.000

 

Plus

  • Daya tahan baterai maksimal
  • Performa kencang
  • Kualitas kamera dan fitur sesuai klaim
  • Layar imersif
  • NFC

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(MMI)

Cung Media

Cung Media adalah portal situs berita dan media online yang menyajikan beragam informasi menarik baik itu lokal, nasional, dan juga internasional.
Back to top button